Anugerah Inovasi Jawa Barat 2011

Anugerah Inovasi Jawa Barat (AIJB) tahun 2011 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, penghargaannya telah diberikan pada tanggal 19 Agustus 2011. Dari 12 peserta yang mendapat anugerah — 6 untuk kategori individu dan 6 untuk kategori kelompok– Bale Pare Karawang telah mendapat penganugerahan itu untuk kategori kelompok di bidang pangan.

Kelompok Studi Petani Organik Bale Pare Karawang memang fokus dalam pengembangan padi organik. Salah satu program yang diunggulkan adalah pembudidayaan 24 padi varietas lokal Karawang yang kini tengah di panen. Temuan dilapangan, dari sekitar 24 varietas lokal, ada sekitar 7 varietas lokal yang unggul, yang kemungkinan kedepan akan dijadikan primadona padi Bale Pare.

Yang kedua dari program yang diunggulkan adalah pembuatan saluran cacing dan pembuatan bio filter di setiap lahan yang akan di budidayakan secara full organik. Langkah ini merupakan jawaban bahwa di Karawang dengan saluran irigasi teknis sekalipun, dapat melakukan pertanian full organik. Oleh karena itu –ke depan– target KSPO Bale Pare adalah melakukan sertifikasi lahan organiknya agar sesuai dengan Sistim Pangan Organik.

Program ketiga adalah pengembangan bakteri lokal Karawang sebagai bahan aktif pupuk organik cair yang bernuansa kearifan lokal. Program ini sengaja dikembangkan karena asumsi bakteri lokal yang sudah terbukti dapat memberikan kesuburan bagi pertanian di Karawang secara umum, diduga akan dapat dipakai bagi asupan kesuburan pertanian padi secara khusus. Efek ini diharapkan, kedepan pertanian organik di Karawang sarat dengan nuansa lokal! Termasuk bakteri yang dipakai asupan kesuburannya.

Program ke empat adalah penambahan nilai tambah produk padi organik menjadi beras organik. Program ini mempunyai konsekuensi kepada KSPO Bale harus menjajagi dan membuat saluran distribusi pemasaran beras organik dan tepung beras organik kepada pengguna akhir. Pada program ini KSPO Bale Pare membuka keran kepada siapa saja baik individu maupun institusi komersial untuk bekerjasama memasarkan produk Bale Pare.

Dari keempat program yang dipertandingkan pada kompetisi Anugerah Inovasi Jawa Barat telah berimpak kepada peningkatan lapangan kerja disektor pertanian dan peningkatan pendapatan anggota KSPO Bale Pare. Harapan kedepan, kami dapat lebih berkembang sesuai dengan bertambahnya kematangan kami dalam melakukan pertanian full organik di Karawang serta dukungan dan atensi masyarakat kepada produk organik yang mendukung kepada produk sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Hubungi Kami