Beras Merah Organik

Jika dilihat dari bentuk, beras merah terdiri dari dua macam, yaitu: bentuk panjang dan bentuk bulat. Kedua bentuk tersebut sama-sama berasnya berwarna merah. Yang pasti, beras merah adalah beras yang warnanya merah alami dan bukan hasil modifikasi mekanis diberi pewarna merah. Dengan demikian, apabila ada beras berwarna merah hasil dari proses pemberian warna, sama seperti beras kuning hasil dari pemberian warna yang berada pada kunyit, maka beras tersebut bukanlah beras merah yang dimaksud.

Beras Merah adalah beras yang secara fisik memiliki warna merah. Merah dalam beras merah bukan pewarna yang sengaja ditempel atau dibungkuskan pada beras putih! Akan tetapi merupakan warna alami yang secara vegetatif dan generatif beras tersebut mempunyai warna merah. Di lapangan, beras yang warnanya merah terdiri dari dua jenis; 1. Beras merah yang warna merahnya sebagai pembungkus sementara dalamnya berwarna putih, dan 2. Beras merah yang keseluruhan berasnya berwarna merah baik luar maupun dalam.

Secara umum, manfaat beras merah terkenal sebagai beras konsumsi bagi penderita diabet (kadar gula darah yang tinggi). Kenapa demikian, karena secara natural beras merah mempunyai kandungan glukosa yang lebih rendah dibanding dengan beras putih. Oleh karena itu, wajar jika penderita diabet mengkonsumsi nasinya berasal dari beras yang berwarna merah. Selain itu, warna merah dalam beras mempunyai nilai berkah tersendiri.

Secara alami, warna merah tersebut mengandung gen yang memproduksi antosianin. Antosianin dalam beras merah berguna untuk mencegah komplikasi diabetes, mencegah kerusakan sistem limfa, mencegah proliferasi protein abnormal yang dapat menyebabkan kebutaan, dan meningkatkan adipocytokine geneexpression yang dapat menyebabkan resistensi insulin. Selain itu, antosianin dapat meningkatkan produksi insulin hingga 50%.

Melihat manfaat beras merah yang begitu besar bagi kesehatan manusia, kini Bale Pare Pertanian Organik Karawang tengah mengembangkan produksi beras merah dengan metode budidaya full organik. Karena pengalaman kami selama ini, justru sisi manfaat yang besar bagi kesehatan adalah sisi luar dari beras! Apabila sisi terluar beras begitu banyak manfaatnya, tetapi proses penanamannya dilakukan dengan cara an-organik, malah sisi luar beras itu menjadi terbalik sebagai sumber penyakit bagi manusia.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Hubungi Kami