Bale Pare Pertanian Organik

Perbincangan mengenai pertanian organik (organic agriculture) dari sisi konsep maupun implementasi masih mengundang perdebatan. Hakikatnya, pertanian organik bukan semata-mata slogan dagang dan label atau bungkus produk yang diberi nama “organik”. Akan tetapi apabila ditelusuri lebih jauh pertanian organik merupakan sebuah sistem dari proses produksi pertanian yang kesemuanya tidak bertentangan dengan alam.


Aktivitas penelitian di pembibitan ala Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Bale Pare Karawang.

Menurut International Federation Of Organic Agriculture Movements (IFOAM), pertanian organik didasarkan kepada prinsip kesehatan, ekologi, keadilan dan perlindungan. Sementara itu menurut Standar Nasional Indonesia mengenai Sistem Pangan Organik (SNI 01-6729-2002) dinyatakan bahwa pertanian organik adalah sistem manajemen produksi holistik yang meningkatkan dan mengembangkan kesehatan agro-ekosistem, termasuk keragaman hayati, siklus biologi, dan aktivitas biologi tanah.

Dari filosopi awal yang diyakini oleh P4S Bale Pare Karawang tentang pertanian organik yaitu “menyuburkan tanah” dan bukan “menyuburkan tanaman” merupakan pijakan dasar yang diusung untuk implementasi pertanian organik selanjutnya. Dengan itu wajar jika visi yang emban mengekspresikan sejatinya pertanian organik yang sesungguhnya! Pertanian organik bukan hanya bercocok tanam tetapi juga mencakupi bidang peternakan dan perikanan.

Berlandaskan visi di atas, maka wajar jika P4S Bale Pare dengan intensif melakukan penelitian (research) tentang pertanian organik supaya kemudian petani dapat menjadi mandiri dengan bisa membuat asupan kesuburan dan perlakuan tanaman dilakukannya sendiri. Bahkan bukan hanya itu, Bale Pare mencoba membuat Internal Control System (ICS) sendiri untuk mewujudkan budidaya pertanian yang dilakukan secara organis. Malahan, untuk mengapreasiasi seluruh kemandirian tadi, P4S Bale Pare telah menentukan “Bale Pare Pertanian Organik” sebagai merk dari seluruh hasil produksinya.

Hasil produksi P4S Bale Pare Karawang, jika dilihat dari pendekatan saat ini, yaitu dengan melakukan “multi cropping” dalam budidaya pertanian organiknya, maka bukan hanya beras organik! Tetapi juga mencakupi seluruh produk-produk pertanian organik. Sebut saja sayuran yang dikeluarkan oleh Bale Pare, maka ia akan berkualitas organis karena diproduksi dengan pendekatan organik. Semoga…

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *